Memahami Bisnis Internasional

By : Muhammad Choirul Rosiqin, International Relations Student @University of Muhammadiyah Malang

The etymology of ‘business’ stems from the state of being busy, and implies commercially viable and profitable work. A business, also known as an enterprise or a firm, is an organization involved in the trade of goods, services, or both to consumers. Business are prevalent in capitalist economies, where most of them are privately owned and provide goods and services to costumers for profit. International Business started as an academic field almost by default, picking up on the lack of interest in international issues by the extand business deciplines.

Sejarah Bisnis Internasional

Muhammad Choirul RosiqinSebelum masehi pedagang Venezia dan Yunani mengirim wakil-wakil ke luar negeri untuk menjual barang-barang produksinya. Tahun 1600 British East India Company, mendirikan cabang di luar negeri di seluruh Asia. Dan perusahaan-perusahaan Belanda (berdiri tahun 1950) membuka rute-rute perjalanan ke Timur, bergabung untuk membentuk Dutch East India Company dan juga membuka kantor-kantor cabang di Asia. Pada tahun 1700, pedagang kolonial Amerika mulai beroperasi dengan model yang sama. Tahun 1865, Bayer (Jerman) membeli pabrik di New York.

Pada tahun 1868, Perusahaan Amerika pertama yang berhasil memasuki produksi luar negeri adalah pabrik yang didirikan di Skotlandia oleh Singer Sewling Machine. Tahun 1876, Bayer mendirikan pabrik di  Rusia. Tahun 1880,  Singer menjadi organisasi dunia dengan organisasi penjualan luar negeri yang luar biasa dan beberapa pabrik manufaktur di luar negeri. Tahun 1882, Bayer mendirikan pabrik di Perancis. Tahun 1908, Bayer mendirikan pabrik di Belgia. Tahun 1914, Paling sedikit 37 perusahaan Amerika memiliki fasilitas produksi di dua atau tiga lokasi di luar negeri (a.l. National Cash register and Buroughs, dengan pabrik di Eropa; Parke Davis pabrik di London Ford Motor Comanan yang memiliki pabrik perakitan atau outlet distribusi di 14 negara. Tahun 1919, General Electric mulai menanamkan modal di luar negeri. Tahun 1920,  General Motor and Chrysler melakukan operasi luar negeri.

Pengertian Bisnis Internasional

According to businessdictionary.com, the definition of International Business are (1) The exchange of goods and services among individuals and businesses in multiple countries. (2) A specific entity, such as a multinational corporation or international business company that engages in business among multiple countries.[i]

Pengertian mengenai bisnis internasional telah dikemukakan oleh banyak ahli diantaranya:

  • Rugman dan Hodgetts, 1995: International Business is the study of transactions taking place across national borders for the purpose of satisfying the needs of individuals and organizations.
  • Griffin dan Pustay, 1996: International Business is any business transaction between parties from more than one country is part of international business.
  • Ball dan Wendell, 2000 (alih bahasa Syahrizal Noor): Bisnis internasional merupakan bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan pemanufakturan di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar dan komunikasi massa.
  • Daniels, Radebaugh & Sullivan (2004): menyatakan sebagai semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara 2 negara atau lebih.
  • Charles WH Hill (2008): bisnis internasional sebagai perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional.
  • Menurut Ball, McCulloch, Frantz, Geringer, Minor (2006), Bisnis Internasional adalah bisnis yang kegiatannya melampaui batas negara.

Maka, bisnis internasional bisa diartikan sebagai aktivitas berupa transaksi bisnis diantara dua negara atau lebih, yang melibatkan individu ataupun kelompok. Bagaimana kita bisa membedakan antara bisnis internasional dengan bisnis domestik? Menurut Griffin  dan Putsay (1996):

Simply put, domestic business involves transaction occuring within the boundaries. More substantively, international business can differ from domestic business for a number of reasons, including the following:

  1. The countries involved may use different countries, forcing at least one party to convert
  2. The legal system of the countries may differ, forcing one for more parties to adjust their bahavior to comply with local law. Occasionally, the mandates of the legal systems may be incompatible
  3. The cultures of the countries may differ, forcing each party to adjust its behavior meet the expectations of the other
  4. The availablity of resources differs by country. One country may be rich in natural resources but poor in skilled labor

Perbedaan antara bisnis internasional dan bisnis domestik terletak pada masalah mata uang, sistem hukum, budaya dan ketersediaan sumber daya yang berbeda antara satu negara dengan yang lainnya. Bisnis internasional merupakan praktik bisnis yang melibatkan seluruh pertimbangan tersebut, karena melibatkan beberapa negara.

Pentingnya Mempelajari Bisnis Internasional

Beberapa hal yang melatarbelakangi pentingnya mempelajari bisnis internasional menurut Griffin dan Putsay (1996), yaitu:

There are many different reasons why students today need to learn more about international business. First, almost any large organization you work for will have international operation or be affected by global economy. You need to understand this increasingly important area in order to better asses career opportunities and to interact effectively with other manager. Second, you made eventually work foor a firm that is owned by a corporation headquarters in another country. Third, keep pace with your future competitors. Fourth, to stay abreast of the latest business technique and tools. Fifth, to obtain cultural literacy.

Dalam bisnis internasional terdapat beberapa aktivitas pokok yang menjadi ciri penting yang terjadi dalam bisnis internasional di berbagai negara, yaitu:

  1. Visible Trade (Merchanise export and import): perdagangan barang-barang berwujud
  2. Invisible Trade (Service export and import): perdagangan dalam jasa; bank; travel; akunting
  3. International Investment, meliputi:
    • Foreign Direct Investment (FDI), investasi yang bertujuan untuk mengawasi kepemilikan (property), asset dan perusahaan lain (host country) secara aktif
    • Portofolio investment, pembelian aset keuangan luar negeri (saham, obligasi, sertifikat deposito) untuk tujuan selain pengawasan
    • Licensing (lisensi) suatu perusahaan di suatu negara memberikan lisensi untuk menggunakan kepemilikan intelektualnya (paten, trademarks, merek, hak cipta,dsb)
    • Warabala (franchising); suatu perusahaan di suatu negara memberikan hak kepada perusahaan negara lain untuk menggunakan merek, logo, dan teknik operasi
    • Management contract, sebuah perusahaan di suatu negara setuju untuk mengoperasikan fasilitas atau menyediakan jasa manajemen pada perusahaan di negara lain

Tujuan dan Manfaat Bisnis Internasional

Bagi banyak perusahaan, keterlibatannya dalam bisnis internasional lebih banyak dilatarbelakangi oleh motifnya untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Seiring dengan kondisi tersebut maka semakin banyak industri multinasional yang muncul dan berkiprah dalam industri baik di tingkat regional maupun internasional.

Saat ini telah terjadi perubahan yang begitu cepat dalam dunia ekonomi. Tidak akan pernah ada sebuah negara yang memprioritaskan pada ekonomi nasionalnya sendiri tanpa dipengaruhi oleh perdagangan dan investasi luar negeri. Kenyataan ini menunjukkan adanya pengaruh globalisasi yang tidak pernah mengenal batas.

Secara rinci alasan-alasan yang melatarbelakangi pentingnya memahami bisnis internasional adalah sebagai berikut:

  • Banyak organisasi besar (mungkin tempat kita belajar/bekerja) telah melakukan operasi di tingkat internasional dan dipengaruhi oleh ekonomi global
  • Usaha kecil dan menengah (UKM) sudah terlibat dalam bisnis internasional
  • Mungkin kita bekerja untuk perusahaan yang kantor pusatnya di negara lain
  • Untuk mengenal teknik dan alat-alat bisnis terkini
  • Mengenal budaya dalam interaksi bisnis

Referensi:

Rusdin, 2002.  Bisnis Internasional : dalam Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta

Rusdin, Drs., M.Si. BISNIS INTERNASIONAL. bisnis-internasional-pertemuan-1.pdf

[i] http://www.businessdictionary.com/definition/international-business.html

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Bisnis Internasional. Bookmark the permalink.

2 Responses to Memahami Bisnis Internasional

  1. Great blog right here! Additionally your site loads up
    very fast! What web host are you the use of? Can I get your affiliate hyperlink in your host?

    I desire my site loaded up as quickly as yours lol

    Like

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s