Review: Sejarah Munculnya Peace Congress; Analisis Perang Napoleon di Prancis

By : Muhammad Choirul RosiqinInternational Relations Student @University of Muhammadiyah Malang

  • Pendahuluan

Dalam kehidupan bermasyarakat tidak selalu akan berjalan harmoni, aka nada saatnya dalam kehidupan bermasyarakat akan terjadi suatu konflik dan kekerasan. Namun yang perlu dipahami adalah ada perbedaan antara Konflik dan kekerasan adalah dua hal yang sangat berbeda. Konflik adalah hubungan antara dua pihak atau lebih (individu dan kelompok) yang memiliki atau yang merasa memiliki sasaran yang sejalan.[1]

Paris_Peace_ConferenceNamun suatu konflik dalam kehidupan sebenarnya banyak macamnya, bisa itu konflik horizontal maupun vertical, tapi bisa juga berbentuk revolusi. Revolusi sebenarnya bisa terjadi dalam suatu pemerintahan yang mana pola yang terlihat biasanya adalah ketidakpuasan masyarakat terhadap suatu penguasa dan/atau rezim yang sedang berkuasa, sehingga muncul suatu pergerakan perlawanan untuk memprotes hal tersebut.

Kemudian akan muncul gerakan yang nantinya mengusahakan suatu perdamaian, dan apabila kelompok-kelompok kecil ini disatukan maka bisa dibentuk suatu organisasi yang akan meperjuangkan perdamaian. Dan apabila usaha mereka berhasil maka agar mendapat penguatan dan legitimasi secara hukum dan semacamnya, maka dibentuklah “Peace Congress” yang mana tujuannya sejalan dengan apa yang diinginkan oleh kelompok atau organisasi ini.

Peace Congress atau Kongres Perdamaian memiliki tujuan utama yaitu adalah sebagai wadah untuk mengusahakan suatu perdamaian, karena setiap organisasi semacam ini telah menyadari bahwa suatu peperangan pada hakikatnya tidak aka nada manfaatnya baik itu bagi kubu yang menang perang apalagi yang kalah.

  • Awal Mula Muncul Ide Gerakan Perdamaian[2]

Masyarakat perdamaian Eropa dan Amerika mengorganisasikan diri secara lokal, nasional, dan, akhirnya, di tingkat internasional. Kongres internasional diadakan pada interval merata dari tahun 1816 sampai kongres yang direncanakan di Wina pada September 1914 harus dibatalkan karena perang. Setelah Perang Dunia Pertama kongres kembali dan berlanjut hingga perang baru pada tahun 1939.

Konferensi perdamaian internasional pertama diadakan oleh masyarakat perdamaian Inggris dan Amerika di London pada tahun 1843. Dalam rangka mendorong gerakan perdamaian benua kongres berikutnya diadakan di Brussels (1848), Paris (1849) dan Frankfurt am Main (1850), ketika mereka kembali ke Inggris (London 1851, Manchester 1852, Edinburgh 1853). Namun, sebagian besar delegasi untuk semua konferensi antara 1843 dan 1853 berasal dari Amerika Serikat dan Inggris.

Perang Crimean (1853-1856), perang sipil Amerika (1861-1865) dan perang Franco-Prusia (1870) adalah kemunduran besar bagi gerakan perdamaian. Setelah 1853, tidak ada kongres perdamaian universal berlangsung sampai 1889. Para aktivis perdamaian terkejut bahwa opini publik benar-benar terjadi belakang kebijakan perang pemerintah mereka’. Sepertinya demokrasi pada setiap tingkat perpanjangan hak pilih dan nasionalisme mendorong perang, bukan perdamaian. Banyak aktivis perdamaian kehilangan kepercayaan pada pendapat umum dan bukannya meningkatkan upaya mereka untuk mempengaruhi pemerintah secara langsung.

  • Revolusi Francis

Revolusi Perancis merupakan sebuah proses panjang yang dimulai dari tahun 1789 hingga 1871. Revolusi pertama meletus pada Juli 1789, merupakan buah puncak kekesalan dan kegeraman rakyat terhadap kekaisaran Raja Louis XVI dengan gaya hidup mewah dan kegemarannya menghambur-hamburkan harta kerajaan yang didapat dari hutang negara dan pajak yang dibebankan kepada rakyatnya. Pada tahun 1792 akhirnya Raja Louis XVI dijatuhi hukuman mati dan Perancis pun berubah menjadi sebuah negara berbentuk Monarki Konstitusi.

Tidak berhenti disitu, Perancis berubah bentuk lagi menjadi negara republik dan diperintah secara diktator oleh Robespierre (1792-1794) dari partai Montagne, partai rakyat jelata, yang kemudian dikudeta oleh partai Girondin yang terdiri dari kaum terpelajar Perancis. Dari sini lah Napoleon Bonaparte muncul dan dibawah kekuasaannya Perancis menjadi lebih baik, dan Napoleon pun mengangkat dirinya sebagai Kaisar Perancis ada tahun 1804.

Dibawah kepemimpinan Napoleon, Perancis menjadi negara paling berkuasa di Eropa dan dengan ambisinya Napoleon menginginkan Eropa menjadi sebuah negara federasi dibawah kekuasaan Perancis. Untuk melaksanakan keinginannya tersebut, Napoleon melibatkan Perancis dalam perang-perang koalisi.

Revolusi Perancis memiliki pengaruh besar bagi masyarakat dunia. Semboyan dan asas-asas yang diperjuangkan selama revolusi memberikan sumbangan besar bagi pembentukan Piagam Hak Asasi Manusia yang disahkan oleh PBB 10 desember 1948. Perancis juga berhasil membentuk pernyataan hak-hak kemanusian melalui Revolusi.

  • Kondisi Masyarakat Pada Saat Revolusi Perancis Tahun 1848.
  1. Masyarakat Buruh

Pada 1848, sebuah kelas dibutuhkan, sebuah kelas yang mampu mengambil tampuk kepemimpinan gerakan tanpa keberadaan kaum borjuasi, sebuah kelas yang bukan hanya mampu mendorong maju kaum borjuasi tetapi juga mampu menyingkirkan mayat politik kaum borjuasi pada saat-saat yang menentukan. Kaum tani tidak lebih memiliki inisiatif politik yang mandiri. Hal tersebut diirantai selama berabad-abad, miskin, penuh kemarahan, menyatukan semua bentuk penindasan yang lama dan baru di dalamnya, kaum tani pada suatu saat tertentu dapat menjadi sumber kekuatan revolusioner yang besar.

  1. Masyarakat Borjuis

Di dalam periode sejarah Prancis, kita melihat sebuah kelas borjuasi, yang tercerahkan, yang aktif, yang belum sadar akan kontradiksi-kontradiksi di dalam posisinya, yang oleh sejarah dibebankan tugas kepemimpinan perjuangan demi sebuah orde yang baru, bukan hanya melawan institusi-institusi tua di Prancis tetapi juga melawan kekuatan-kekuatan reaksioner seluruh Eropa.

  • Tujuan Peace Congress

Pada awalnya pertemuan kongres dengan para pemimpin negara dalam menyerukan perdamaian Internasional dan untuk mempromosikan perdamaian yang permanen dan universal. Selain itu tujuan untuk kongres perdamaian ini adalah untuk menguatkan gerakan perdamaian dan paham perdamaian berdasarkan landasan hukum agar permaian yang secara kolektif bisa terwujud. Kongres perdamain di harapkan mempunyai wewenang yang kuat untuk melakukan itu untuk mencapai tujuan kedamaian bersama. Kongres perdamaian memang merupakan pertemuan dengan para delegasi negara apa yang mereka inginkan untuk mewujudkan perdamaian. Kongres merupakan contoh forum penyelesaian konflik melalui komunikasi, akal dan negoisasi. Kongres mengajarkan asas komunikasi untuk menyelesaikan konflik tanpa perang dan damai.

  • Pembentukan PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional yang lahir pada 24 Oktober 1945. PBB dapat dikategorikan sebagai organisasi internasional terluas dan terlengkap, tetapi juga amat kompleks karena memiliki fungsi sebagai berikut (Mandalangi, 1986:56); berfungsi sebagai Yudisial, berfungsi sebagai legislatif atau administratif, dan berfungsi sebagai eksekutif atau politik.

Sejarah dan fungsi pembentukan PBB secara besar memang mirip dengan kongres perdamaian. Namun yang menjadi perbedaan yang sangat besar adalah dalam kongres permadamaian mereka masih belum mempunyai kekuatan hukum yang kuat dan hanya beberapa negara yang menjadi anggota resmi dari kongres tersebut. Berbeda dengan PBB yang hampir semua negara anggotanya telah menyetujui dan sepakat dengan apa yang di katakan PBB.

Reference:

[1] Fisher, Simon, ed. 2001, “Mengelola Konflik :Ketrampilan & Strategi Bertindak” Jakarta, The British council : Zed Books. Hal 4.

[2] Dirangkum dari: Cortright, David, 2008, “A History of Movements and Ideas”, New York, Cambrige University Press.

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik. Bookmark the permalink.

13 Responses to Review: Sejarah Munculnya Peace Congress; Analisis Perang Napoleon di Prancis

  1. For newest information you have to pay a visit internet and on internet I found this site as a finest site for hottest updates.

    Like

  2. It is really a great and useful piece of information. I’m satisfied that
    you simply shared this helpful info with us.
    Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

    Like

  3. Attractive component to content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to say that I acquire
    actually enjoyed account your blog posts.

    Anyway I will be subscribing on your feeds and even I
    fulfillment you get admission to persistently
    quickly.

    Like

  4. Greetings from California! I’m bored to death at work so I decided to check out
    your website on my iphone during lunch break.
    I love the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m amazed at how fast your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways,
    very good site!

    Like

  5. You should be a part of a contest for one of the greatest websites
    online. I most certainly will highly recommend
    this web site!

    Like

  6. Howdy I am so grateful I found your blog, I really found you by mistake,
    while I was researching on Google for something else, Anyways
    I am here now and would just like to say thanks
    for a incredible post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also added
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great work.

    Like

  7. Hi there it’s me, I am also visiting this web page daily, this web site is really fastidious and the viewers are genuinely sharing good thoughts.

    Like

  8. I will immediately clutch your rss feed as I can not to find your email subscription link or
    newsletter service. Do you’ve any? Please permit me realize so that I may subscribe.

    Thanks.

    Like

  9. This design is steller! You obviously know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job.
    I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

    Like

  10. This is a topic which is near to my heart… Take care!
    Where are your contact details though?

    Like

  11. Match.Com says:

    Way cool! Some very valid points! I appreciate
    you writing this article plus the rest of the site is very good.

    Like

  12. With these financing options a borrower is free of charge
    a number of paperwork, as an outcome of which the processing is fast Faustina Begen most loan companies
    usually tend not to look at personal- job as dependable
    revenue.

    Like

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s