OTW katanya…

By : Muhammad Choirul RosiqinInternational Relations Student @University of Muhammadiyah Malang

Rencana awalnya sih mau ngerjakan tugas kelompok, nah setelah sampai di tempatnya cuman ada dua orang, padahal jumlah orang dalam kelompok itu lebih dari lima orang. Setelah ditanya tentang ‘dimana teman yang lainnya?’, masih OTW[1] katanya. on the waySetelah menunggu kurang lebih lima menit, datang satu orang yang gabung dengan kelompok ini. Setelah ditanya mengenai materi yang disuruh pelajari di hari sebelumnya, dan dijawab dengan santainya ‘materinya bahasa inggris lho’ katanya dia sempat membaca di blog yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas pada presentasi minggu depan. Ketika ditanya tentang materi yang telah dibaca, dia hanya menjawab tentang generalisasi atau biasa kita kenal “secara umum” dan biasa kita sebut juga dengan istilah “intinya” materinya seperti ini dan itu. Ketika ditanya lebih lanjut mengenai materi yang telah dibaca dia bilang “pokoknya tentang ini dan itu” yang kumengerti hanyalah itu, oke fine.

Beberapa menit kemudian datang lagi satu anggota kelompok ini dengan penampilan rapi nan menarik, sesaat kemudian HPnya berdering seraya bahagia terlihat di raut mukanya. Langsung salah satu anggota kelompok itu mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang harusnya dia pelajari dirumah seperti yang telah disepakati di hari sebelumnya. Namun, kata-kata yang sama didapatinya. Dengan ramah dia mengatakan “maaf” kepada teman-teman yang datang ketika itu, katanya dia mengalami gangguan di koneksi internet. Padahal tenggang waktu yang diberikan cukup untuk kekampus walau hanya mencari koneksi internet gratis atau bisa ke warnet dengan bea-seribu rupiah untuk 10 menit :D. Ya,,,itulah yang terjadi. Ketika baterai HPnya low, dia meminta izin untuk mengambil charger sekaligus meng-charge HP 1 jam di kosnya dengan alasan ada hal penting yang harus dibicarakan lewat sms maupun dengan menelepon. Yang terjadi dia tidak kembali lagi ke tempat yang disetujui untuk mengerjakan tugas kelompok.

Orang ketiga baru datang setelah lama ditunggu, ketika baru duduk pertanyaan yang sama dilontarkan lagi ‘apakah sudah membaca artikel atau literatur rekomendasikan oleh diberikan dosen?’ dengan senyuman manis, dia menjawab ‘belum’. Padahal yang mempunyai rencana untuk membagi materi yang harus dipahami dan memaparkan kembali maksud dari isi buku itu dialah orangnya. Dengan ekspresi meyakinkan temannya dia menyuruh salah satu anggota kelompok untuk mengirimkan file/materi ke e-mailnya, apa hasilnya? Gak ada. Oh my God, I said.

Walaupun begitu, masih ada anggota yang jauh lebih parah dari pada paparan diatas. Mengapa tidak, dia seakan-akan tidak peduli dengan keadaan temannya sendiri. Bisa kukatakan begitu karena setiap orang memiliki kesibukan masing-masing, tapi apa masuk akal bila tidak ada waktu luang untuk berinteraksi dengan orang lain. Apalagi ini menyangkut dirinya yang juga butuh tugas itu untuk memenuhi nilai yang ingin dicapai, betapa tidak memberi kabar-pun tidak. Parah nggak menurut kalian? Ya itu asumsi kalian saja bila mengatakan tidak.

Sudah tiga kali bertemu untuk membahas tugas yang belum kelar itu. Tetap saja pada hari ketiga belum ada secercah harapan dimulainya pengerjaan tugas, alasannya ya pada sulitnya para anggota untuk membaca tulisan yang berbahasa inggris itu. Tenang saja, kalau sudah waktunya selesai pasti selesai kok (salah satu anggota berupaya menengahi).

Yang menarik dari beberapa pertemuan itu, ada pelajaran yang sangat berharga untuk dipelajari/dipahami antara lain:

  1. Melatih kesabaran (menunggu kedatangan anggota kelompok),
  2. Belajar untuk memahami karakter orang lain,
  3. Melatih untuk jujur,
  4. Menepati janji dan
  5. Bagaimana menanggapi perbedaan pendapat dengan orang lain

Pada pertemuan terakhir, usulan dari salah satu anggota kelompok itu sangatlah menggelitik dan membuat mereka berfikir sejenak “jikalau mau berkumpul untuk mengerjakan tugas lagi, masing-masing bawa makanan,” sekilas kalimat ini seakan tidak berarti, namun jika kita berusaha untuk memahaminya akan mengerti arti yang tersirat dari kalimat tersebut.

[1] OTW yang dimaksud adalah singkatan dari On The Way. OTW atau On The Way adalah kalimat untuk menunjukan seseorang ke tempat tujuannya. Lihat, Kitab Gaul, Arti kata ‘OTW, diakses pada http://kitabgaul.com/word/otw (26/04/2014, 13:06)

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Short Story and tagged . Bookmark the permalink.

6 Responses to OTW katanya…

  1. I’m really enjoying the design and layout of your website.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
    for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?
    Exceptional work!

    Like

  2. Thanks on your marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you’re a great author.
    I will make sure to bookmark your blog and may come back very soon. I
    want to encourage yourself to continue your great job, have a nice morning!

    Like

  3. Hey! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using
    for this website? I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m
    looking at alternatives for another platform.
    I would be fantastic if you could point me in the direction of a
    good platform.

    Like

  4. After going over a handful of the articles on your blog, I really appreciate your
    technique of blogging. I book marked it to my bookmark site list and will be
    checking back soon. Please visit my web site as well and let me know your opinion.

    Like

  5. Match.Com says:

    What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely useful
    and it has aided me out loads. I’m hoping to contribute & aid different customers like its aided
    me. Great job.

    Like

  6. match.com says:

    Greetings! I’ve been reading your site for
    some time now and finally got the courage to go ahead and
    give you a shout out from Lubbock Texas! Just wanted to mention keep up the good job!

    Like

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s