Jujur Sajalah

By : Muhammad Choirul RosiqinInternational Relations Student @University of Muhammadiyah Malang

Pernahkah berfikir mengapa banyak film yang awalnya selalu diceritakan dengan adegan yang menyedihkan lalu menggembirakan, dan mengapa ada yang justru kebalikannya? Hal ini mungkin sudah dikerjakan oleh orang dewasa. Dan kalau saja penonton itu sadar saat menonton, mereka akan memikirkan kembali apa yang telah ia lihat pada tayangan film yang diputarnya. Hal ini penting karena dalam film biasanya tersirat sebuah pesan yang ingin disampaikan pada penonton dimana-pun berada. Hanya saja, tak banyak yang memikirkannya.hypnotize

Menurutku hampir semua penonton terhipnotis dengan adegan-adegan yang disuguhkan dalam film sehingga hanya mengingat-ingat adegan yang menurut mereka keren, sedih, ada rasa haru, atau yang lainnya. Untuk mengetahui penonton film itu terhipnotis, ajak mereka untuk mengobrol yang tak berkaitan dengan film yang sedang ditonton tentu tidak akan digubris olehnya kalaupun iya, responnya tak sama atau tidak maksimal (gak normal) dengan saat mereka tak menonton sebuah film.

Masih ada yang belum yakin dengan persepsi diatas, mari dibuktikan kebenarannya. Kemungkinan untuk salahnya 25%, dan kebenarannya 70% karena hal itu pernah kualami sendiri dan sedikit mengamati teman yang sedang menikmati adegan dalam film.

Yang paling disegani untuk ditonton oleh remaja adalah adegan-adegan yang mendebarkan, menakutkan, memilukan, menyedihkan, mengharukan atau perasaan yang lainnya. Apa pernah kita bandingkan atau analisa atau mengamati jenis film apa yang biasanya atau yang paling disukai oleh remaja, orang dewasa khususnya pria? Jujur saja, jenis film yang paling disukai oleh mayoritas remaja laki-laki adalah film yang adegannya mengandung unsur percintaannya. Bener gak? Yang tidak suka, mungkin mereka tidak ingin merasakan “cinta”. Jangan jadikan referensi lho J.

dp_bbm_jujur_01Ini Lima Keutamaan Hidup Jujur[1]

  1. Jujur akan mengantarkan ke surga.
  2. Jujur akan melahirkan ketenangan.
  3. Jujur disukai semua manusia.
  4. Jujur akan mengantarkan pelakunya pada derajat tertinggi.
  5. Jujur akan mengantarkan pada keberkahan.

Kalau saja kalian tidak mengakui hal itu, kurasa hal itu wajar karena kalian mempunyai hak untuk tidak menjawab atau justru berbohong atau bisa jadi ngeles. Disamping itu, aku juga tak punya kuasa untuk mengharuskan kalian mengakuinya. Dan iya, itu hak kalian. Pernahkah kalian merasa terhipnotis dengan adegan-adegan dalam film? Aku yakin bila sudah pernah menonton sebuah film, penonton film itu bisa dipastikan pernah terhipnotis, karena adegan-adegan yang sudah dicontohkan diatas yang ada dalam sebuah film entah film dokumenter maupun film layar lebar.

Maksud dan tujuan dituliskannya tulisan ini tentunya membuat para pembaca penasaran berfikir, jika demikian maka berfikirlah dan tentukan maksud ataupun dituliskannya tulisan ini. Tulisan seperti tak sama dengan cerita diluar sana yang alur ceritanya, ungkapan faktanya itu seperti mengalir di sungai atau katakanlah terstruktur dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh sastrawan pendahulu kita. Jangan berfikir sempit dalam mengasumsikan maksud dari sebuah tulisan melainkan apa yang sebenarnya ingin disampaikan si penulis dalam tulisannya.

Disini memang tak tertulis alasan ataupun jawaban dari pertanyaan yang kutulis pada paragraf pertama, mengapa demikian? Cukup beralasan jika kalian berpikir bahwa tulisan ini hanyalah tulisan tak bermakna karena kutulis tanpa pemaparan atau sebuah jawaban dari pertanyaan yang ada dalam tulisan ini, sebenarnya yang kuinginkan disini adalah kalian memikirkannya sendiri karena kalian mempunyai pikiran bukan, dan gunakanlah untuk berpikir.

[1] Dr Amir Faishol Fath, Inilah Lima Keutamaan Hidup Jujur, 2012, REPUBLIKA.CO.ID. Dalam http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/03/29/m1mos3-inilah-lima-keutamaan-hidup-jujur diakses pada (16/05/2014 10:01 WIB)

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Jujur Sajalah

  1. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with Search
    Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for
    some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Kudos!

    Like

  2. Thanks for some other informative site. Where else
    may I am getting that type of information written in such a perfect
    approach? I have a venture that I am simply now operating on, and I have been at the look out for such information.

    Like

  3. What i don’t understood is actually how
    you’re not really a lot more smartly-preferred than you may be now.

    You’re so intelligent. You know therefore significantly in the case of this subject, produced me in my opinion consider it from numerous various angles.
    Its like men and women aren’t interested except it is something to do with Girl gaga!

    Your own stuffs great. Always handle it up!

    Like

  4. I always emailed this webpage post page to all my associates,
    for the reason that if like to read it next my links will too.

    Like

  5. I have read so many content regarding the blogger lovers but this piece of writing is actually a nice article,
    keep it up.

    Like

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s