Pasar Mahasiswa UMM 2014

By : Muhammad Choirul RosiqinInternational Relations Student @University of Muhammadiyah Malang

Apa itu Pasar Mahasiswa ?

pmBEM-UMM[1] | Pelopor Perubahan 2014-2015 akan mengadakan sebuah moment luar biasa, dimana moment ini akan merangkul seluruh elemen mahasiswa dan masyarakat umum yang berjiwa wirausaha dan bisnis, baik yang bergerak secara individu maupun berkelompok.  kegiatan ini bernama PASAR MAHASISWA[2], pasar mahasiswa sendiri tidak membatasi bergerak di bidang apakah wirausahawan bekerja, kami menampung semua jenis wirausaha.

Pasar Mahasiswa[3] akan di launching pada tanggal 27 Desember 2014, bertempat di Heliped Universitas Muhamadiyah malang, dan pasar mahasiwa sendiri akan diadakan selama 1 Periode BEM-UMM dengan renggang waktu 1 Bulan sekali. Launching sendiri akan menghadirkan banyak Pameran Produk, mulai dari seni, industri, jasa, tataboga dan kreativ. Selain itu, Pasar Mahasiswa juga  akan mengadakan pameran budaya (kuliner, tarian), musikal yang seru, dan masih banyak lagi.

Kami tidak hanya bergerak sendiri untuk memanajemen kegiatan ini, kami melibatkan beberapa mahasiwa yang menjadi Team Enterpreneur untuk menciptakan dan mengembangkan ide-ide kreativ untuk pada kegiatan ini (PASAR MAHASISWA), jika teman-teman tertarik, silahkan Tekan TAB “Daftar Online” pada Website ini.[4]

Cara Mendaftar “Team Wirausaha” (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa BEM-UMM 2014)[5]oprecpm

Untuk alur Pendaftaran Terbaru sudah ada, silahkan download di alamat berikut ini : <klik disini>. Alur tambahan berupa proses Screening yang di adakan pada tanggal 6 Desember 2014 di SC Lantai 4, Kantor BEM-UMM Kampus III. Prosesi ini akan menjadi prosesi yang paling penting untuk penyeleksian “Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa Tanggal 27-28 Desember 2014”.

Syarat :

  1. Formulir (Pendaftaran Stand/Offline) Lembar Konfirmasi (Pendaftaran Online)
  2. Foto Ukuran 3×4 (2 Lembar, Background Biru Almamater)
  3. Foto Copy KTM (2 Lembar)
  4. Materai 6000.

untuk lebih jelasnya lihat rincihan Alur Di bawah yuk :

  1. “Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa Tanggal 27-28 Desember 2014” mendaftar Online / Offlina (Stand), pada tanggal 25 Nov – 5 Desember 2014. disana “Calon Team Wirausaha (Enterpreneur)” akan mendownload “lembar Konfirmasi (Pendaftaran Online)”[6] atau mengambil “formulir (Pendaftaran Offline / Stand)”.
  2. Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) Membawa Lembar Konfirmasi (Pendaftaran Online) atau Formulir (Pendaftaran Offline / Stand) dan Syarat pada saat Screening pada tanggal 6 Desember 2014 di SC Lantai 4, Kantor BEM-UMM Kampus III dan di perlihatkan pada bagian secretariatan. (untuk detil waktu screening akan di hub melalui SMS).
  3. Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) wajib mengikuti Screening sampai pada waktu yang telah di tentukan dan menjadi syarat utama sebelum menjadi “Team Wirausaha (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa”
  4. oprecpm1Setelah Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) mengikuti proses seleksi Screening dan Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) dinyatakan lulus sebagai  “Team Wirausaha (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa” ,
  5. Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) di wajibkan mengikuti TM (Teknical Meeting pada tanggal 8 Desember 2014), untuk pembahasan sistem Kerja dll.
  6. Calon Team Wirausaha (Enterpreneur) telah sah dinyatakan sebagai  “Team Wirausaha (Enterpreneur) Pasar Mahasiswa 2014” dan siap kerja pada tanggal 9 – 28 Desember 2014 (sesuai dengan waktu yang ditentukan).

Pendaftaran Peserta Pasar Mahasiswa BEM-UMM 2014[7]

Syarat Administrasi Peserta

  • Lembar Konfirmasi (bukti pendaftaran onlie) / Formulir (pendaftaran Offline/stand)
  • Foto ukuran 3×4 (2 Lembar, background bebas, Berpakaian Rapi)
  • FC KTM 2 Lembar
  • Materai 6000.

(syarat administrasi di jadikan dalam 1 map merah )

  1. Ketentuan umum peserta:
  • Panitia Mahasiswa UMM 2014 menyediakan stand jual produk, manakan, dan minuman yang berlokasi di lapangan helypad UMM
  • Peserta stand produk, makanan, dan minuman dikurasi berdasarkan kategori dan jenis makanan
  • Penentuan peserta Stand Produk ditentukan oleh panitia dengan melalui proses kurasi/seleksi yang mempertimbangkan keunikan, keragaman, dan ketersediaan jumlah stand
  • Peserta tidak diperbolehkan berbagi stand
  • Pendaftaran peserta penjual dilaksanakanoprecpm tanggal 27 November – 17 Desember 2014
  • Kurasi/seleksi peserta penjual dilaksanakan tanggal 18 – 19 Desember 2014
  • Hasil seleksi calon pengisi stand akan diumumkan pada tanggal 20 Desember 2014
  • Tecnical meeting dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2014
  • Pendaftaran ulang (beserta pelunasan) dilaksanakan 22 – 23 Desember 2014
  • Hal-hal yang tidak termasuk dalam butir di atas dapat dibicarakan lebih lanjut dengan panitia
  1. Kriteria pengisi Stand
  • Peserta stand adalah penjual produk, makanan, dan minuman
  • Produk, makanan, dan minuman yang dijual harus sesuai dengan daftar yang telah diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran
  • Tidak menjual produk-produk, makanan, dan minuman yang mengandung bahan berbahaya dan terlarang
  • Tidak menjual produk berbahaya maupun senjata tajam
  • Peserta bersedia membayar uang sewa stand sebesar Rp. 150.000
  • Hal-hal yang tidak termasuk dalam butir di atas dapat dibicarakan lebih lanjut dengan panitia penyelenggara.
  1. Prosedur pendaftaran Penjual
  • Pendaftaran dapat dilakukan secara offline dengan langsung ke panitia di stand depan perpustakaan pusat UMM kampus III, kantor BEM UMM (Gd. Student Center lt. 4), stand keliling, dan roadshow sosialisasi di dalam dan luar kampus
  • Pendaftaran  dapat dilakukan secara online dengan membuka link website: pasarmahasiswaummalang.blogspot.com lalu buka menu pendafaran online lalu pilih tab penjual
  • Pendaftar offline di stand wajib mengembalikan formulir hardcopykepada panitia. Sedangkan pendaftar online hanya mengembalikan lembar Konfirmasi (bukti) pendaftaran online beserta Syarat AdministrasiPengembalian formulir,  bukti pendaftaran online dan Syarat Admnistrasi paling lambat dikembalikan tanggal 17 Desember 2014 kepada panitia.
  • Para pendaftar wajib menyertakan bersama formulir pendaftaran atau bukti pendaftaran seluruh persyaratan  pendaftaran, yaitu melampirkan profil usaha, daftar produk disertai  harga dan foto, serta fotokopi kartu identitas (KTM untuk mahasiswa dan KTP untuk non mahasiswa)
  • Apabila terjadi kekurangan data/persyaratan maka akan langsung ditolak tanpa  proses seleksi
  • Pendaftar yang masuk akan diseleksi, dan keputusan tim kurasi tidak dapat diganggu gugat. Seleksi dilakukan pada tanggal 18 – 19 Desember 2014
  • Pada saat seleksi/kurasi pendaftar wajib membawa uang kebersihan Rp. 25.000,- dan sewa stand Rp. 150.000 atau 105.000 (70% dari uang sewa).
  • Pengumuman dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2014. Pengumuman dapat dilihat di website, media sosial, atau etalase depan BEM UMM
  • Technical meeting dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2014
  • Pendaftaran ulang dan penyerahan tanda pengisi stand dengan membawa uang pelunasan sewa stand, bukti pembayaran sebelumnya, dan meterai Rp. 6.000,- untuk penandatanganan syarat dan ketentuan dilaksanakan tanggal 21-22 Desember 2014. Catatan: lebih baik dilengkapi dan dilunasi bersamaan pada saat technical meeting.
  • Peserta yang lolos seleksi dan tidak melakukan pendaftaran ulang (beserta pelunasan) pada tanggal 21-22 Desember 2014 akan didiskuali­fikasi dan panitia berhak memberikan stand pada pendaftar lain.
  • Bagi peserta yang berhalangan mengikuti technical meeting agar mengkonfirmasi panitia di nomor 085785164383 untuk mendapatkan technical meeting pada hari yang lain.
  • Pembatalan stand hanya dapat dibatalkan H-1 minggu dan uang tidak akan dikembalikan

[1] https://www.facebook.com/bemu.umm?fref=ts

[2] http://pasarmahasiswaummalang.blogspot.com/

[3] https://www.facebook.com/pasarmahasiswaumm2014

[4] http://pasarmahasiswaummalang.blogspot.com/2014/11/apa-itu-pasar-mahasiswa.html

[5] http://pasarmahasiswaummalang.blogspot.com/2014/11/informasi-baru.html#

[6] https://docs.google.com/forms/d/1NF4yM6HI7JDs8e8oUCeIZlPWDSl2ZTQjeExw6uZxw-Y/viewform

[7] http://pasarmahasiswaummalang.blogspot.com/2014/12/pendaftaran-peserta-pasar-mahasiswa-bem.html#

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s