Menjelang Tahun Baru 2015

By : Muhammad Choirul Rosiqin, International Relations Student@University of Muhammadiyah Malang

_MG_4022Tak mampu ku cegah datangnya hari baru, dimana semua orang mengharapkan sesuatu yang baru dan tentunya yang baik-baik di hari yang baru ini (tahun 2015). Istilah tahun baru[1] merupakan suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Dimulainya hari yang baru untuk hari yang satu ini biasanya ditandai dengan peluncuran kembang api ke angkasa, ada juga yang membakar jagung, ada pula yang bakar-bakar ikan yang akhirnya membedakan dimulainya hari yang satu ini (yaitu 1 Januari) dengan hari-hari yang lainnya. Kalaupun telah menjadi rutinitas di khalayak ramai, masih saja ada hal yang kontroversial di dalamnya yaitu sejarah mengenai perayaan (sambutan) terhadap hari di awal tahun ini. Lihat, http://felixsiauw.com/home/dewa-matahari-di-perayaan-tahun-baru-pandangan-islam/.

_MG_4038Dua hari sebelum tahun baru, terlihat banyak status (lihat media sosial) yang membahas mengenai rencana di malam akhir tahun. Ada yang menanyakan mengenai hal apa yang mesti dikerjakan di malam itu maupun setelahnya. Akupun hanya melihat dengan rasa khawatir, cemas dan memunculkan rasa acuh terhadap mereka yang meng-update. Benarkah mereka memahami tentang peristiwa di masa lalu, ataukah hanya ingin menikmati malam itu dengan ketidaktahuan dan hanya mengikutinya. Lakum dinukum waliyadin…

Tidak ingin melewatkan hari terakhir di bulan Desember, teman-temanku mulai menanyakan hal apa yang akan kulakukan, kemana, bersama siapa dan sebagainya. _MG_4027Bingung, itulah yang pertama kali kurasakan saat ditanya. Entah itu hanya sebuah rasa ataukah itu respon dalam menyikapi pertanyaan yang semestinya tidak dilontarkan. Sebegitukah? Akan kukatakan dengan tegas, Ya. Jangan berlarut disitu, masih belum kuceritakan hal apa saja yang kulakukan di malam akhir Desember.

_MG_4020Bersama teman-teman Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah kulalui hari itu di Kampus tercinta (tepatnya di Student Center). Tidak banyak yang kita (Aku bersama teman-temanku) lakukan saat itu, pertama mengumpulkan uang dengan cara iuran hingga terkumpul uang yang cukup untuk membeli lauk (ikan), sayuran dan butter untuk makan bersama. Selain itu, sebagian uangnya digunakan untuk membeli jagung untuk dibakar di halaman belakan Student Center. Mungkin pembaca mengira kami merayakan Tahun Baru 2015, tidak. Mengapa? Kami berkumpul hanya untuk makan bersama, bakar jagung untuk mengakrabkan diri masing-masing yang berasal dari asal yang berbeda, jurusan yang berbeda dan pola pikir yang berbeda pula.

Bakar JagungAnda penasaran dengan nama-nama yang bersamaku kala itu? Ini dia: Elgi, Hendi, Fadli, Jakir, Laode, Bagus, Taufan, Fara, Peni, Heni, Riri, Retno, dan Andik J. Mereka ini yang menemani malam terakhir di Bulan Desember 2014. Semoga mereka selalu dilindungan sang pencipta. Bersamaan ketika bakar jagung, UKM Tapak Suci dengan fungsionarisnya disamping berencana bakar jagung-ayam, lucunya bara api yang mereka buat tidaklah cepat (lama) sehingga memunculkan persepsi “Belum usai bakar jagung-ayam, Malam akhir Desember usai pula” artinya sudah memasuki tanggal 1 Januari, jagung-ayam belum selesai dibakar.

Apa lagi,, mungkin itu dulu ya.

“Whatever your writings like, the essentials is yours.” –@mcrosiqin 01/01/2015, 05:43 WIB.

[1] Tahun baru, http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_baru.

Advertisements

About Muhammad Choirul Rosiqin

I was born in Eastern Probolinggo, East Java, in 1994. I'm student of International Relations @University of Muhammadiyah Malang
This entry was posted in Short Story and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Hey hey! What have you got to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s